Djombor's FM radio


"Radio online anda sepanjang masa" Di pancarkan dari stasiun mini 107.50 FM "Djombor's FM Radio" Dukuh Jombor Desa Logandu Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen Jawa Tengah Indonesia

Minggu, 20 Februari 2011

Tata surya

di susun oleh BAWOR SUHADI update 9 maret 2011


Apa itu “Tata surya” kalau kita potong arti kata “tata” adalah bagian dari kata tertata,tersusun atau dalam kata lain saling berkait. Sedangkan kata “surya” adalah nama lain dari matahari. Namun dari sisi ilmu astronomi tata surya berarti “kumpulan benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yaitu matahari sebagai pusatnya dan semua obyek yang mengelilinginya” ada 8 planet (dulu ada 9 tetapi seiring kemajuan teknologi dalam mengamati dan mempelajari 1 planet terjauh bernama Pluto akhirnya objek ini di keluarkan dari kategori planet),dan juga objek lain yang mengelilingi si bintang ada beberapa planet kerdil atau katai,173 satelit alami dan juga jutaan benda langit lain seperti komet,meteor,asteroid dan lain lain.

Perjalanan mengelilngi matahari atau orbit di ketahui berbentuk elips atau lonjong. Tata Surya terbagi menjadi 6 bagian,yang pertama adalah matahari sebagai pusat tata surya, empat planet bagian dalam(merkurius,venus,bumi,mars),sabuk asteroid, empat planet bagian luar (jupiter,saturnus,uranus,neptunus)dan di bagian terluar adalah Sabuk Kuiper dan piringan tersebar. Awan Oort diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali di luar bagian yang terluar.
Kalau di lihat dari luar angkasa menjauh sejauh mungkin keluar dari system tata surya, kumpulan benda langit ini seolah melayang layang di angkasa tanpa ada yang menopangnya,satu-satunya yang membuat mereka tetap tertata rapi adalah karena adanya gravitasi matahari. Matahari juga berputar pada porosnya,karena masanya yang luar biasa besar membuat gaya gravitasinya mampu mengikat objek lain dan berputar mengelilinginya. Kalau di lihat dari bumi semua benda langit termasuk matahari seolah olah bergerak dari timur ke barat,sebanarnya itu adalah gerak semu karena yang sebenarnya,bumi tempat kita berada inilah yang berputar pada porosnya layaknya gasing. "Apa bukti kalau bumi yang berputar dan bukan sebaliknya?"
Dulu memang tiada penjelasan secara ilmiah tetapi sekarang di jaman modern manusia telah mampu membuat peralatan untuk terbang keluar angkasa. Satelit,kamera bahkan manusia telah membuktikan kebenaranya karena manusia telahpun mampu hidup di luar angkasa berada di stasiun antariksa internasional ISS milik amerika beserta gabungan banyak Negara. Begitupun matahari, penjelasan bahwa matahari diam di tempatnya dan objek lainlah yg bergerak mengelinginya,dengan menerbangkan satelit ilmiah peneliti matahari bernama SOHO. Di bawah ini salah satu contoh wahana buatan manusia.


gb.1 adalah Pesawat ulang alik sedang loding dok di stasiun antariksa internasional(ISS)


Gb.2 Telescope HUBBLE yg mampu memandang jutaan tahun cahaya mengambil gambar beresolusi tinggi isi jagat raya


Gb.3 Dua satelit SOHO melotot mengawasi matahari 24 jam penuh


Gb.4 samping kiri bawah spirit dan opportunity adalah 2 rover penjelajah planet mars sudahpun 6 tahun lebih di sana

Masih ada ribuan benda di luar angkasa yg melayang layang maupun di daratan planet adalah hasil karya buatan manusia bertebaran memenuhi langit dengan berbagai fungsinya. Umumnya yang kita tau adalah satelit komunikasi yang saat ini kita sangat tergantung kepada fungsinya. Di tambah lagi dengan berbagai peralatan super canggih lainnya dengan fungsi dan tugas yg berbeda beda memenuhi orbit bumi. Dulu para ilmuwan hanya memberi penjelasan berupa teori,beruntung kita hari ini bisa mendapatkan penjelasan dengan bukti.



Gb.5 system tata surya tempat bumi kita


Gb.6 adalah galaksi bima sakti tempat tata surya kita berada

Tata surya kita ini berada di dalam kumpulan bermilyar bintang dan objek lain yang bernama galaksi bima sakti atau dalam bahasa inggris di sebut milkway. Selain bumi kita ini berputar mengelilingi matahari tata surya kita ini juga bergerak mengelilingi pusat galaksi bima sakti. Kalau di lihat dari tepian galaksi bima sakti, tata surya kita ini hanyalah sebutir pasir debu di angkasa.Alam ini begitu luas,galaksipun berada didalam kumpulan galaksi lain yang di namakan gugusan/cluster. Cluster ini terdiri dari ribuan galaksi dan ribuan cluster ada di dalam kumpulan bernama super cluster. Itu adalah susunan alam semesta di mana kita hidup sekarang ini.


Kita kembali ke tata surya. Kalau kita andaikan,bumi tempat kita berada ini dan planet planet lain adalah sekumpulan balon terbang melayang layang secara beraturan. Andaikan kita di perkecil dan berdiri di permukaan balon yang melayang layang seperti itulah sebenarnya kita berada saat ini. Berdiri di sebuah benda padat bernama bumi yang melayang di alam semesta tanpa ada penopang apapun. Percayakah anda? Seperti yang di katakana tadi bukti telah di sajikan di depan mata kita melalui media. Kita yang hanya sebagai pembaca tentu bersyukur dengan apa yang dilakukan oleh beberapa Negara maju. Adanya siaran tv di parabola,GPS,google map,komunikasi internasional adalah bagian dari sebuah bukti.
Itulah tadi penjelasan awal tentang tata surya dan beberapa penjelasan boleh di katakan sebagai bukti adanya sebuah kebenaran. Ada banyak penjelasan di internet yang bisa di pelajari.

Apa yang coba anda pikirkan sekarang ini, saya berharap ini bisa membuka minda kita bahwa kita begitu kecil bahkan sangat kecil kalau di lihat dari sisi ilmu jagat raya. Di bawah ini bias kita lihat skala sebenarnya mengenai ukuran bintang dan planet yang sudah di jumpai oleh manusia dengan teknologi yang sedia ada saat ini.

Gb.atas. Skala sesungguhnya ukuran bintang dan planet