CURIOSITY SELAMAT DARI TEROR SELAMA 7 MENIT

Curiosity adalah sebuah wahana antariksa yang bernama asli Mars Science Laboratory yang di luncurkan pada 26 november 2011 jam 10:02 waktu amerika dari pangkalan space launch complex 41 canaveral florida menggunakan Atlas V setelah menempuh perjalanan selama 8 setengah bulan lebih lamanya akhirnya curiosity berhasil mendarat di mars pada Senin,6 Agustus 2012,pukul 12.32 WIB di Kawah Gale. detik detik yang menentukan selama 7 menit telah terlewati dan kini curiosity sudah pun menjejakan rodanya di tanah mars. proyek bernilai lebih dari 23 trilyun rupiah ini nasibnya hanya tergantung pada 7 menit sebelum pendaratan. kalau ada kegagalan pada system satu saja maka di pastikan 23 trilyun melayang tanpa harapan.
secara logika mereka begitu yakin dan percaya di diri dengan wahana mereka mengingat lebih dari 10ribu orang ikut andil dalam program ini tetapi secara psikologis mereka begitu tegang dan sangat khawatir akan nasibnya. setelah perjalan panjang kini curiosity pun akan mempunyai tugas yang cukup panjang juga,untuk 2 tahun ke depan curiosity di tugaskan sebagai ahli geologi modern yang semua peralatanya ada di pundak sang wahana,10 instrument penting yang super canggih akan menjadi alat penelitian sekaligus laboratorium berjalan bagi curiosity. tanah yang gersang dan sunyi akan senantiasa menjadi temannya setiap hari. hanya suara tiupan badai saja yang akan terdengar tatkala datang mendekati sang wahana. tugas curiosity adalah mencari air dan tanda tanda kehidupan masa lalu,walau mars saat ini gersang di perkirakan mars jauh berbeda pada masa dulu. robot ini beratnya hampir 900kilo gram dengan berbagai peralatan terlengkap, seperti kromatograf, spektrometer massa, spektrometer laser, hingga difraksi sinar-X di harapkan mampu menguak rahasia planet mars. ada tujuh kamera berada di seluruh tubuh wahana.
Foto pertama yang akan dikirimkan berbentuk hitam-putih yang diambil dari kamera Hazard-Avoidance Cameras (Hazcams) beresolusi 1 megapiksel di bawah depan wahana. Tiga hari kemudian, NASA akan mengaktifkan Mast Cameras (Mastcams) beresolusi 2 megapiksel. Seluruh data dikirimkan ke stasiun relay bernama Odyssey di Kawah Gale untuk dikirimkan ke stasiun di Bumi. inilah poto pertama jepretan curiosity.
Kelebihan Curiosity dibandingkan robot penjelajah lainnya terletak di bahan bakar. Robot ini tak lagi menggunakan energi matahari sebagai bahan bakar, melainkan energi nuklir. Panas dari plutonium-238 menyediakan daya sebesar 110 watt dan bisa dipakai setidaknya satu tahun Mars yang setara dengan 687 hari di Bumi. apakah curiosity mampu menjalankan tuganya 2 tahun kedepan...? kita tunggu saja.