Menggapai rembulan nun jauh di sana



Oleh bawor suhadie
Shah alam 26 juni 2010





Astronomi adalah hobi bagi aku,hobi yang tergolong mahal ini menempel pada ku yang kebetulan berkantong cekak. Waktu berlalu dan kusalurkan hobi ini dengan belajar dan membaca semua tentang dunia astronomi luar angkasa. Karena hanya itu yang bisa kulakukan. Pada akhirnya tiba waktunya juga aku punya kesempatan mengembangkan minat dan hobiku ini. Yang pertama adalah laptop dengan jaringan internetnya,beruntung akhirnya aku bisa memilikinya. Yang kedua adalah peta bintang berupa software astronomi,untung untuk kedua kalinya dapat gratis di internet. Belajar banyak juga dari internet dan software yang tersedia di sana. Kemudian yang berikutnya adalah hasrat untuk memiliki alat dengan segala aksesori untuk melihat benda langit secara langsung,yaitu teleskop atau teropong bintang. Hasrat ini sebetulnya sudah sangat lama aku pendam tetapi keadaanlah yang tidak memungkinkan untuk memilikinya.
Dengan mata telanjang tentu semua orangpun bisa melakukanya,hanya saja aku ingin lebih dari semua orang untuk bisa melihat benda langit secara langsung. Harga teleskop dengan segala aksesorinya memang tergolong mahal bagiku,namun dengan pencarian di internet ada juga yang jual teleskop bekas pakai dan menurut perkiraan keuanganku, aku mampu untuk membelinya. Dengan sabar tak sabar juga aku kumpulkan uang untuk membelinya. Target membeli adalah saat bulan purnama tiba pada bulan juni ini.supaya tak menunggu lama hanya untuk sekedar menyaksikan bulan,karena seperti yang kita tau,bulan tak setiap hari mau menampakan diri di atas kepala kita. menurut panduan peta bintang untuk bulan juni ini “bulan” hanya dapat di saksikan pada kisaran tanggal 12 - 31 dan bulan purnama jatuh pada tanggal 25. Tapi masih bisa di saksikan sempurna mulai tanggal 23-28 saja. Dan kesabaranku membawa hasil,akhirnya tercapai juga cita cita ku membeli sebuah teropong bintang dan binokular khusus astronomi,ini merupakan keberuntungan ketiga bagiku mengenai hobi ini. Dan hari ini akhirnya akupun memilikinya,walaupun cuma teleskop tingkat rendah. namun terlewat satu hari dari target yang seharusnya tanggal 25 aku harus sudah memilikinya. Tapi tak apa masih ada waktu 6 hari untuk aku bisa menyaksikan keindahan bulan.


Teleskop sudah di tangan,hal berikutnya adalah mencari tau bagai mana cara menggunakan teleskop ini. Lumayan juga untuk mengobati rasa penasaran ku terhadap benda langit yang satu ini. Target utama yang paling mudah adalah bulan. Dari jendela tingkat 7 apartemen tempat aku tinggal,ku tunggu malam tiba dengan memasang dan menyeting teleskop dengan tidak sabar. Menurut peta bintang,bulan akan menampakan diri pukul 20.05 waktu malaysia karena kebetulan aku merantau di sana. Lama rasanya menunggu 2 jam hanya untuk melihat bulan. Tepat pada waktunya ku arahkan teleskop ke arah sesuai dengan petunjuk peta bintang, tapi sungguh agak mengecewakan karena awan tak beranjak dari tempatnya dia bertengger. Tunggu punya tunggu 2 jam lamanya,dengan malu malu bulan pun menampakan diri walau remang remang. Cukuplah untuk mengobati rasa penasaran aku yang bergayut lama di benaku. Sebagai amatiran sungguh susah mengarahkan teleskop ke arah benda sebesar itu. Pada akhirnya sambil belajar mencari dan mengarahkan teleskop,bulan pun akhirnya menampakkan keindahan sempurna. Saat arah teleskop tepat mengenai permukaan bulan, alangkah gembira hati ini bisa menikmati secara langsung apa yang selama ini hanya dapat ku lihat dan kubaca di buku dan internet. Wajah rembulan yang begitu indah saat kita nikmati dengan mata telanjang,ternyata jauh dari apa yang mungkin di bayangkan oleh banyak orang. Indahnya bulan yang di jadikan kiasan seperti wajah seorang putri dari kayangan karena kecantikanya laksana cahaya bulan yang menggantung di atas sana. Tentu sang putri akan marah besar andai dia bisa melihat langsung dengan teleskop, karena bentuk permukaan bulan tak sehalus dan semulus seperti yang terlihat.
tetapi bagi ku itulah keindahan bulan yang sebenarnya,kali ini aku dapat melihat detail wajahnya secara langsung.


Secara keseluruhan bentuk bulan adalah berbukit dan berkawah,banyak lubang kawah di sana sini bisa aku saksikan detailnya. Dan jalan nya bulan pun sangat cepat tak sampai satu menit bulan akan hilang dari pandangan mata teleskop,maka aku harus mengarahkan kembali mengikuti jalannya bulan. Lama juga aku terkagum kagum dengan indahnya bulan. Tak terasa waktu sudahpun pukul 24.30 dan bulan sudah sampai pada ketinggian hampir 80 derajat yang mana sudah tak bisa melihat lebih dari 80 derajat sebab sudut jendela menghalangi pandangan. Cukup sudah rasanya aku menikmati apa yang selama ini aku nantikan.hari berikutnya aku masih bisa menyaksikan bulan untu kedua kalinya, kemudian aku mencoba mengarahkan teleskop sedikit di timur kanan atas bulan ada planet lain yaitu Jupiter dan Uranus serta mars di arah barat. Namun untuk yang satu ini teleskop yang aku beli agak mengecewakan sebab tidak dapat menikmati keindahan planet tersebut. Tapi tak apa memang bukan tujuan utama aku membeli teleskop ini untuk menyaksikan planet ini. Ini adalah satu awal yang baik bagiku,suatu hari nanti aku pasti mampu membeli teleskop yang jauh lebih besar yang bisa menyaksikan anugrah tuhan berupa gugusan planet dan bintang di atas sana. Dan ini semua bukan sebentar aku merencanakanya,lama rasanya menunggu dan pada akhirnya dapat kugapai rembulan itu pada umur 30an. Sungguh sangat menyenangkan.

Nah ….. !! Se benarnya apa yang aku dapat dari hobi ini? Apa untung dan manfaatnya? Tidakah itu membuang waktu dan uang?. Bagi sebagian orang memang betul tiada apa untung dan manfaatnya. Tetapi bagiku itu adalah satu pencapaian yang tiada ternilai. Sama juga dengan hobi lainya memancing misalnya harga sebuah pancing bisa jutaan bahkan puluhan juta,tapi kenapa mereka membelinya? Sebab ada kebanggaan tersendiri ada kepuasan yang di dapat dan ada sesuatu yang tiada ternilai dengan bilangan apapun. Begitulah hobi! Walau kadang merugikan secara material tetapi ada keuntungan secara moril.
Apa hobi anda…? Jangan takut untuk menyalurkan dan menfasilitasinya, selagi itu positif akan positif juga hasil di belakangnya……..
Selamat mengejar hobi dan cita-cita anda……………………………………………………….