Satu hari = ...? Satu bulan=...? Satu tahun=...?



By wor's - astronomi & sains
Apa yang anda ketahui tentang HARI...? hari itu siang dan malam! hari itu ada 12 jam siang dan 12 jam malam!. Bulan ya....benda langit yang menyala di atas sana yang bergambar nenek nenek bongkok. atau satu bulan sama dengan 30 hari! kemudian satu tahun adalah 12 bulan!

itu adalah betul...!!! tapi apa artinya kalau di lihat dari sisi astronomi...?

Ok ...kita bicara tentang hari dulu. satu hari ada 24 jam. kenapa 24 jam bukanya 30 kah ato 32 kah. ini teorinya...

anda pernah pergi ketempat yang waktunya berbeda dengan tempat asal anda berada? misal di zona WIB/WIT/WITA. perbedaan ini adalah hasil buah dari adanya rotasi bumi. pembagian zona waktu adalah 15 derajat di setiap jamnya. artinya setiap 1jam bumi bergeser 15 derajat. secara sederhananya keliling sebuah lingkaran adalah 360 derajat,begitu juga bumi. keliling bumi adalah 360 derajat, jika di bagi 15 hasilnya adalah 24.atau mewakili waktu yaitu 24jam.

Nah...kenapa ada hari...? ada pagi...siang...sore...malam...tengah malam...dan fajar...kenapa...? inilah lagi teori yang masuk akal. bumi...! tempat kita nongkrong nih.. adalah sebuah benda padat berbentuk bulat yang berputar seperti gasing pada porosnya,dengan kecepatan 1669,8 km/jam di daerah equator atau garis khatulistiiwa. nah kejadian ini di namakan rotasi bumi. bumi berotasi atau berputar dari satu titik dan akan kembali ke titik semula di namakan 1 rotasi atau 1 hari. 1 hari sama dengan 24 jam. artinya bumi berputar meninggalkan satu titik dan akan kembali ketitik semula membutuhkan waktu 24 jam atau tepatnya 23jam 56 menit XXX detik.di bulatkan menjadi 24 jam. sisanya akan di kumpulkan setiap 4 tahun sekali.itu yang di namakan tahun kabisat.

Terus....apa itu bulan...? bulan adalah sebuah satelit alami planet bumi.bulan ini juga berputar pada porosnya tapi sangat lambat menurut waktu bumi.bulan berotasi selama 27.3 hari,dari satu titik ke titik semula.dengan kata lain 1 hari di bulan sama dengan 27.3 hari di hitung menggunakan waktu bumi.Dan memang bukan ini yang di namakan satu bulan. habis...? satu bulan itu yang bagaimana...? ini dia jawabanya..! Selain berotasi bulan juga melakukan revolusi terhadap planet bumi. perjalanan mengelilingi bumi ini lah yang di namakan revolusi. revolusi bulan terhadap bumi memakan waktu selama 29 hari 12 jam 44 menit 2,8 detik,tak jauh beda dengan rotasi bulan itu sendiri. ini mengakibatkan bulan seolah olah diam tak berputar karena selalu sama "muka" saat ia menampakan diri di atas kepala kita.lama revolusi inilah yang di namakan 1 bulan. kenapa di kalender anda 28,29,30, bahkan 31. karena jumlah yang tepat untuk pembagian waktu berevolusi terhadap matahari selama 12 bulan,adalah antara 30 dan 31, kecuali bulan Februari. jauh Sebelum ini bulan Februari tidak berjumlah 28/29, namun pada abad ke 16, bahwa pergeseran summer equinox terus terjadi sepanjang tahun baru disadari. Maka di buatlah mekanisme yang tepat saat hadirnya summer equinox terus pada tanggal yang sama sepanjang tahun. Tapi jumlah tanggal dalam satu bulan yang berjumlah 30/31 itu memang sudah ada sejak jaman dahulu kala mulai jaman Julius Caesar, atau bahkan lebih tua lagi.

sekarang bagaimana dengan satu Tahun....?

selain bumi dan bulan berotasi juga melakukan perjalanan revolusi yaitu secara bersama sama berkelana mengililingi matahari. perjalanan mengelilingi matahari ini memakan waktu 365.25 hari atau kita namakan 1 tahun atau 12 bulan.

Nah...itu tadi tentang penjelasan mengenai hari,bulan dan tahun. teori teori ini sudah di gunakan sejak jaman dulu kala. dan belum berubah sampai sekarang. sejauh mana pengetahuan anda tentang ilmu jagat....?????

galilah di dunia maya ini dengan segera.....!!!!!