Astronom amatir - Menjadi sang pemburu bintang



By wor's - astronomi & sains
Kayaknya ko enak dengarnya kalau menyebut astronom.....!!!seolah seseorang berilmu sangat tinggi.jangan sungkan dan salah sangka siapapun bisa jadi seorang astronom.
apa sih syaratnya untuk menjadi seorang astronom amatir. apa perlu punya teleskop yang mahal mahal itu? apa perlu kuliah tinggi tinggi di bidang sains dan astronomi..? rasanya tidak juga! bagi anda,siapapun orangnya yang suka dengan ilmu astronomi,misalnya suka dengan tata surya,bulan,bintang,planet dan benda langit lainya,terlebih lagi selalu mengamati dan menghapal nama nama benda2 langit di kala malam. cukup dengan itu saja anda sudah bisa di katakan sebagai astronom amatir. adapun akan lebih baik apabila anda mengerti tentang ilmu astronomi,peta langit,nama planet dengan jaraknya,mengerti konstelasi bintang dan lain sebagainya, dan tentu akan lebih membantu juga kalau anda mempunyai teleskop untuk pengamatan.

Ok....untuk anda yang memang hoby dengan ilmu jagat ini,tapi belum mengerti dengan system tata surya jangan kecil hati. dan ga perlu buru2 beli teleskop karena harganya bukannya murah. yang perlu anda punyai adalah pengetahuan tentang lokasi dan posisi dari benda2 malam seperti bulan bintang dan planet serta galaxy. Di jaman seperti sekarang ini internet adalah jalan satu2nya untuk belajar tentang ilmu ini sebab tak banyak buku tentang astronomi beredar di indonesia.kalaupun ada itupun mahal. melalui internet inilah anda bisa belajar semua yang anda tidak tau dan kurang mengerti. bahkan di sana tersedia multibahasa.

Itu tadi satu tips yang tanpa di bagi taupun memang semua orang pun sudah tau sebelumnya bahwa internet adalah gudangnya. di sini saya kan membagi tips lain yang lumayan ok untuk di coba,yaitu berburu benda langit seperti bulan bintang planet nebula dan juga galaxy.Akan sangat membantu untuk kita yang belum tau tentang peta langit.
apa itu....????
ini adalah sebuah software astronomi dan free alias gratis,tentu lagi2 memang harus dari internet. software ini adalah simulasi tata surya secara 3 dimensi.anda akan mengetahui posisi bintang,planet,nebula dan lainya hanya dengan mengetik nama planet atau bintang yang anda ingin ketahui. tapi jangan lupa masukan di mana lokasi anda dan jam berapa anda akan melihat langit malam,sebab berbeda di setiap tempat.terkadang kalau kita ketik satu nama bintang dia akan menunjuk ke tempat kita sendiri,artinya bintang tersebut sedang berada di atas negara orang lain artinya anda harus sabar menunggu sampai bintang itu melintas di kepala anda. bagaimana caranya..? ubah jam atau tanggal sampai anda dapatkan posisi bintang yang anda inginkan. dengan begitu anda bisa menjadikan waktunya untuk patokan saat anda akan menyaksikan bintang itu secara langsung. Yang pasti software ini sangat mudah pengoperasianya dan tersedia juga dalam bahasa indonesia. download dan install di komputer anda. masukan lokasi dan waktu anda berada untuk melihat posisi bintang.hasilnya bisa di lihat atau di print untuk panduan saat anda melihat bintang yang sebenarnya di langit malam. nama software nya adalah "stellarium" silahkan download di sini
selamat berburu bintang........!!!!!!!!

Komentar

OEN-OEN mengatakan…
kayaknya seru tuh, coba ahh..