Pendaratan Discovery Dialihkan ke California


Discovery mendarat di pangkalan udara AS, Edwards, California seusai mengikuti misi selama 13 hari di stasiun ruang angkasa internasional

Sabtu, 12 September 2009 | 08:49 WIB

EDWARDS AIR FORCE BASE, — Pesawat ulang alik Discovery mendarat di California Jumat malam waktu setempat atau Sabtu (12/9) pagi WIB. Discovery terpaksa mendarat di California akibat kondisi cuaca tidak bersahabat di Kennedy Space Center, Florida.

"Welcome home Discovery," demikian sambutan dari kontrol misi saat pesawat ulang alik itu mendarat di pangkalan udara Edwards di Mojave Desert pukul 20.53 waktu setempat.

Pusat pengendalian misi Discovery lebih memilih pendaratan diadakan di Kennedy Space Center karena lebih menghemat biaya dan waktu. Pendaratan di California memperpanjang waktu bagi Discovery selama sepekan untuk menyiapkan misi berikutnya.

NASA mengestimasi, dibutuhkan sekitar 1,7 juta dollar AS untuk memulangkan Discovery ke Kennedy Space Center dari California dengan diangkut oleh Boeing 747. Discovery semula dijadwalkan kembali ke Bumi, Kamis. Namun, cuaca buruk di Florida tengah mengakibatkan penundaan pendaratan.

Tujuh astronot diangkut oleh Discovery setelah mereka menyelesaikan misi 13 hari di stasiun ruang angkasa internasional, ISS. Dalam misinya itu, para astronot memperbaiki dan mengantarkan suplai kebutuhan hidup di ISS.

Para kru itu melaksanakan 3 spacewalk dan mengantar Combined Operational Load Bearing External Resistance Treadmill yang namanya diambil dari tokoh komedi Stephen Colbert.

Komentar