Misi ST-128 Discovery Berakhir


Seorang awak Discovery terlihat dalam kokpit pesawat ulang alik yang sedang bergabung dengan stasiun antariksa internasional.
Selasa, 8 September 2009 | 08:07 WIB

Awak di wahana ruang angkasa Discovery dan stasiun ruang angkasa internasional (ISS) yang berjumlah 13 orang telah menyelesaikan tahap pemindahan modul dari kedua wahana tersebut, Minggu (6/9).

Hal ini dilakukan untuk persiapan penerbangan kembali modul Leonardo ke Bumi yang direncanakan Senin (7/9) petang. Dengan paket Leonardo ini, awak ruang angkasa menghabiskan beberapa waktu bersama pada Minggu malam sebelum mengembalikan modul logistik yang dibangun Italia itu ke Discovery untuk kembali ke Bumi.

Misi ST-128 tersebut berlangsung selama tujuh hari. Astronot Danny Olivas, yang tiga kali berjalan di luar wahana dari seluruh program tiga kali berjalan di luar angkasa, mengatakan dalam wawancara dengan televisi, ”Secara keseluruhan, ini merupakan misi yang berhasil.”

Ia menambahkan, ”Setiap orang dalam kondisi bersemangat positif dan kami siap menyelesaikan semua pekerjaan di sini dan pulang ke Bumi.”

Olivas memimpin upaya untuk memasang tangki bahan bakar yang baru di ISS, menggantikan tangki amonia yang lama sebagai pendingin wahana, serta memasang beberapa antena baru dan sirkuit listrik.

Dia dan rekannya juga memasang jaringan kabel untuk ruangan baru Tranquility yang baru akan terpasang di ISS tahun depan. Satu dari delapan kabel listrik tidak mengait dengan baik hingga Sabtu malam. Akhirnya, jack dibiarkan tergantung dengan proteksi insulasi. (YUN)

Komentar