Roket Soyuz Bawa 3 Penghuni Baru Stasiun Antariksa


Roket Soyuz diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan saat membawa tiga awak di wahana TMA 9 ke stasiun antariksa internasional (ISS) pada 15 April 2005.
BAIKONUR, Untuk pertama kalinya, stasiun antariksa internasional (ISS) akan dihuni enam orang atau dua kali lipat dari penghuninya sekarang. Kapsul ruang angkasa berisi tiga penghuni baru itu melesat hari Rabu (27/5).

Roket Soyuz buatan Rusia yang membawa kapsul tersebut meluncur mulus dari Kosmodrom Biakonur, Kazakhstan yang berada di tengah stepa di tengah hari. Sejumlah jurnalis, kerabat para astronot, termasuk Pangeran Philip dari Belgia turut menyaksikan peluncuran tersebut.

Seorang astronot dari Belgia, Frank De Winne, merupakan salah satu awak yang dikirim ke ISS. Ia mewakili Badan Antariksa Eropa (ESA) yang telah melibatkan diri secara aktif dalam program penelitian luar angkasa setelah menempatkan modul penelitian Colombus buatannya di ISS.

Selain Frank De Winne, dua orang awak lainnya masing-masing seorang astronot Kanada, Bob Thirsk, dan kosmonot Rusia, Roman Romanenko.

Komentar