Hitung Mundur Misi Perbaikan Teleskop Hubble

Dengan latar belakang pelangi, wahana ulang alik Atlantis (depan) berdiri tgak di Launch Pad A dan Endeavour (di belakang) di Launch Pad B Kennedy Space Center di Florida.

CAPE CANAVERAl, Badan antariksa AS NASA mulai melakukan hitung mundur peluncuran pesawat ulang alik Atlantis. Misi peluncuran kali ini khusus untuk perbaikan teleskop ruang angkasa Hubble yang sudah uzur.

Atlantis dijadwalkan meluncur ke ruang angkasa dari Kennedy Space Center, Florida, AS pada Senin (11/5) sore waktu setempat atau Selasa pagi WIB. Tujuh orang awak yang dikomandani Scott Altman telah meluncur dari tempat latihannya di Houston Texas, AS, ke Florida.

Misi ini sebenarnya telah direncanakan tahun lalu, tetapi tertunda selama tujuh bulan karena masalah teknis pada suku cadang teleskop yang akan dipasang. Hubble yang sudah berumur 19 tahun belum pernah mendapat perawatan langsung sejak tujuh tahun terakhir.

Perbaikan sejumlah komponen Hubble yang telah rusak akan dilakukan selama 11 hari di luar angkasa. Bagian yang akan diganti antara lain kamera yang sudah berumur, dan mencoba memperbaiki dua instrumen yang belum pernah dipakai Hubble karena tak bekerja.

Sementara itu, pesawat ulang alik lainnya, Endeavour, juga telah bersiap untuk diluncurkan jika sewaktu-waktu Atlantis mengalami gangguan di luar angkasa dan krunya butuh penyelamatan darurat.

Komentar