Endeavour Siap Mendarat Jumat


HOUSTON, Setelah menjalani misi luar angkasa selama 16 hari untuk melanjutkan proses pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS), pesawat ulang alik Endeavour siap pulang ke bumi Jumat (31/7) ini.

Badan antariksa AS (NASA), hari ini telah mengkonfirmasi bahwa sejauh ini tidak ada masalah berarti pada Endeavour. Kru Endeavour juga sudah selesai mengecek orbiter sehingga sangat besar kemungkinan bisa mendarat di Bumi pada hari Jumat.

Endeavour diperkirakan akan mencoba mendarat di Cape pada pukul 10.48 pagi waktu setempat. Tetapi apabila terjadi gangguan cuaca pada radius 30 mil dari lokasi pendaratan, diperkirakan pendaratan Endeavour akan tertunda hingga pukul 12.23 siang.

Sebelum kembali ke bumi, crew Endeavour akan melakukan tugas terakhir berupa meluncurkan dua satelit percobaan kecil. Satelit bernama DRAGONSat akan digunakan untuk mengetes perencanaan titik pertemuan dan docking melalui Global Positioning System (GPS), sedangkan satelit ANDE-2 akan dites untuk mengukur kepadatan dan komposisi atmosfer di orbit rendah bumi.

Misi utama Endeavour yang meluncur sejak 15 Juli silam adalah memasang modul terakhir laboratorium Kibo milik Jepang di Stasiun Luar Angkasa International. Modul tersebut digunakan untuk riset luar ISS.

Komentar