Atlantis Melesat, Misi Perbaikan Teleskop Hubble Dimulai

Pesawat ulang alik Atlantis melesat dari terminal 39A Kennedy Space Center di Florida, memulai misi STS-125 yang khusus ditujukan untuk perbaikan teleskop ruang angkasa Hubble.

CAPE CANAVERAL,Pesawat uang alik Atlantis melesat mulus ke luar angkasa dari Kennedy Space Center Florida, Senin (11/5) waktu setempat atau Selasa dinihari pukul 01.01 WIB. Peluncuran ini khusus untuk memperbaiki teleskop ruang angkasa Hubble yang hampir uzur.

Beberapa instrumen ilmiah yang dibawa teleskop tersebut tidak bekerja sehingga perlu diperbaiki. Bahkan sejumlah komponen rusak dan harus diganti seperti peindung radiasi, giroskop yang mengendalikan titik orbitnya, baterai, dan media penyimpan yang merekam data sebelum dikirim ke Bumi. Selain itu, para astronot juga membawa instrumen baru yang akan meningkatkan kemampuan Hubble meneropong luar angkasa seperti kamera pankromatik berlensa lebar.

Tujuh orang kru yang bertugas akan melakukannya dalam misi sebelas hari di luar angkasa. Mereka akan melakukannya dengan lima kali spacewalk atau bekerja langsung di luar angkasa dengan hanya bertopang pada lengan robotik yang dikendalikan dari kabin pesawat.

"Tidak ada waktu untuk bernapas dan melihat pemandangan sekitar, hanya kerja, kerja, dan kerja. Ini seperti lari maraton dengan kecepatan tinggi selama sebelas hari di orbit," kata John Grunsfeld, salah satu astronot yang ikut dalam misi tersebut.

Dalam dua hari ke depan, Atlantis akan merapat ke Hubble dan mencengkeramnya menggunakan lengan robotik agar para astronot dapat mendekat. Tak ada jaminan bahwa usaha perbaikan ini akan sukses sepenuhnya mengingat usia Hubble yang sudah 19 tahun. Bahkan, jika terjadi insiden dalam misi ini, keselamatan para astronot jauh lebih besar daripada misi ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS).

Karenanya, NASA telah menyiapkan pesawat ulang alik Endeavour sebagai kapal penyelamat yang bisa sewaktu-waktu diluncurkan untuk menjemput para awak Atlantis. Endeavour kini sudah bersiap di landasan Kennedy Space Center.

Komentar