Militer AS Bikin Pasukan Robot Binatang



Ilustrasi (techpics)

Farnborough - Militer Amerika Serikat (AS) makin getol mengembangkan teknologi robot untuk keperluan perang masa depan. Kali ini, mereka menyatakan akan membuat berbagai robot militer yang strukturnya berbasis makhluk hidup di alam semesta.

Untuk itu, lembaga militer US Army Research Laboratory telah setuju meyepakati kerja sama sebesar USD 38 juta dengan perusahaan teknologi Inggris, BAE Systems, untuk membuat pasukan robot canggih tersebut.

Robot-robot ini nantinya akan meniru struktur binatang tertentu dan bisa beroperasi secara mandiri saat mendukung operasi militer.

Seperti dikutip di media dari VNunet, Kamis (8/2/2009), robot-robot itu misalnya akan dibuat berdasarkan struktur binatang capung untuk robot mata-mata. Juga ada robot yang akan meniru bentuk fisik seekor laba-laba.

Menurut rencana, robot-robot tersebut sudah bisa dirilis di tahun 2013. Pihak Army Research Laboratory memaparkan, pengembangan robot hewan ini dalam rangka melakukan operasi militer berbahaya dan bisa mematikan jika dilakukan oleh manusia.

Pengembangan robot militer berbasis binatang tersebut juga melibatkan berbagai institusi pendidikan terkemuka seperti University of California at Berkeley, California Institute of Technology ataupun Jet Propulsion Laboratory.

Komentar