Astronot Pasang Robot di Stasiun Antariksa

Wahana Endeavour tampak merapat di stasiun antariksa internasional (ISS).

HOUSTON, Begitu merapat ke stasiun antariksa internasional (ISS), para astronot langsung memasang robot Dextre milik Kanada. Pemasangan tidak dilakukan sekaligus, namun secara bertahap. Wadah yang berisi bagain-bagain astronot sudah dibawa ke luar ISS untuk dirangkai.

Wahana ulang alik Endeavour yang mengangkut robot tersebut merapat ke ISS, Rabu (12/3) waktu Houston, AS atau Kamis (13/3) dinihari WIB. Astronot Robert Behnken dan Gregory Johnson telah memindahkan wadah berisi bagian-bagian robot tersebut dari kargo Endeavour dan memasangnya di bagian luar ISS.

Dextre baru akan dirangkai Kamis (13/3) pagi atau Jumat (14/3) dinihari melalui spacewalk pertama dalam misi ini selama sekitar 6 jam. Pekerjaan pemasangan robot yang baru pertama kali dilakukan di luar angkasa ini akan dilakukan astronot Richard Linnehan dan Garrett Reisman.

Selain memasang Dextre, tujuh awak Endeavour juga akan menyiapkan modul laboratorium Kibo yang baru diangkut sebagian. Mereka akan menyelesaikan seluruh misi dalam waktu 16 hari di luar angkasa.(AP/WAH)

Komentar